«

»

Jun 07

PENGUMUMAN (terkait Rekening Pengeluaran/Penerimaan/Lainnya)

Yth. Para Kuasa Pengguna Anggaran Satker Mitra Kerja KPPN Parepare

 

Menunjuk Peraturan Menteri Keuangan Nomor : 252/PMK.05/2014 tentang Rekening Milik Kementerian Lembaga/Satuan Kerja dan surat Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Parepare, bersama ini diingatkan kembali hal-hal sebagai berikut :

  1. KPA membuka Rekening Pengeluaran/Penerimaan/Lainnya pada Bank Umum/Kantor Pos setelah mendapat persetujuan tertulis dari Direktur Jenderal Perbendaharaan/Kepala KPPN selaku Kuasa BUN Pusat/ Kuasa BUN di Daerah.
  2. KPA harus melaporkan saldo seluruh Rekening yang dikelolanya setiap bulan kepada Kepala KPPN paling lambat tanggal 10 (sepuluh) bulan berikutnya.
  3. Dalam hal tanggal 10 (sepuluh) jatuh pada hari libur, penyampaian laporan saldo Rekening dilaksanakan pada hari kerja sebelumnya.
  4. Kuasa BUN berwenang melakukan blokir Rekening dalam hal KPA tidak menyampaikan laporan saldo Rekening.
  5. Dalam hal KPA telah menyampaikan laporan saldo Rekening, Kuasa BUN berwenang mencabut blokir Rekening.
  6. Kuasa BUN berwenang menutup Rekening milik Kementerian Negara/Lembaga/Satuan Kerja paling lambat 1 (satu) tahun sejak Rekening dikategorikan sebagai Rekening pasif.
  7. Rekening pasif dimaksud merupakan Rekening yang tidak terdapat transaksi pendebetan ataupun pengkreditan Rekening selama 1 (satu) tahun.
  8. Kuasa BUN berwenang menutup Rekening dan memindahbukukan saldonya ke kas negara dalam hal:
    1. KPA membuka Rekening tanpa memperoleh persetujuan dari Kuasa BUN
    2. KPA tidak melaporkan pembukaan Rekening
    3. Rekening yang digunakan tidak sesuai dengan tujuan dan peruntukkannya.
  9. KPA harus menutup Rekening milik Kementerian Negara/Lembaga/Satuan Kerja yang sudah tidak digunakan sesuai dengan tujuan dan peruntukannya dan memindahkan saldo Rekening ke Kas Negara.
  10. KPA harus menyampaikan laporan penutupan Rekening kepada Kuasa BUN paling lambat 5 (lima) hari kerja setelah tanggal penutupan dengan dilampiri bukti penutupan Rekening dan/atau bukti pemindahbukuan saldo Rekening.

Berdasarkan hal-hal tersebut diatas, dimohon dengan hormat agar Satker:

a. Membuka rekening setelah mendapat ijin pembukaannya dari Kuasa BUN Pusat/ Kuasa BUN di Daerah.

      b.Melaporkan Saldo Rekening yang dikelola Bendahara kepada KPPN Parepare paling lambat tanggal 10 bulan berikutnya dilampiri

         Rekening Koran.

c. Menutup rekening yang tidak dipergunakan lagi dan melaporkan penutupan rekening kepada Kuasa BUN paling lambat 5 (lima) hari kerja

setelah tanggal penutupan dengan dilampiri bukti penutupan rekening dan/atau bukti pemindahbukuan saldo rekening.

 

Terimakasih.